3 Kisah Ajaib Seputar Matematika

Posted: March 12, 2013 in College, Knowledge
Desmi Hesti Roza

Desmi Hesti Roza, Math Colleger of Bung Hatta University

wah..😀 Dapat ilmu baru nih dari mbak Anne Ahira bisa nih untuk diaplikasikan buat anak – anak matematika khususnya..🙂 salah satu temen ane Desmi Hesti Roza, sang pakar Matematika, (karena dia yang paham masalah beginian diantara temen2 ane ditambah ini juga jurusan dia * wkwkwk😀 )  kayaknya minat nih buat praktekinnya…

Segala hal yang berbau ajaib memang selalu menarik perhatian. Banyak peristiwa ajaib di dunia ini, baik yang menyangkut fenomena alam maupun kejadian yang dialami seseorang. Bahkan, cerita-cerita ajaib itu dapat ditemukan dalam dunia matematika yang mampu membuat kita heran dan terkagum-kagum.

Kisah Ajaib Seputar Matematika

Berikut ini merupakan kisah nyata dari tiga tokoh yang terbilang ajaib berkenaan dengan ilmu angka.

1. Kisah Ajaib – Carl Friedrich Gauss

Carl Friedrich Gauss adalah ilmuwan hebat dunia. Bahkan, Gauss diakui sebagai ahli matematika terhebat sepanjang masa. Predikat tersebut sangatlah beralasan karena sejak kecil ia memang jenius. Ketiga berusia 3 tahun, Gauss mampu menemukan kesalahan ayahnya saat melakukan kalkulasi bidang keuangan.

Kejadian menakjubkan dan ajaib dilakukan Gauss ketika duduk di sekolah dasar. Saat itu, sang guru berharap memiliki waktu istirahat lebih banyak sebelum melanjutkan pelajaran. Ia pun meminta murid untuk menjumlahkan bilangan 1 sampai 100. Akan tetapi, keinginan sang guru sia-sia karena Gauss mampu menyelesaikan soal dalam beberapa detik saja.

Ia pun menggunakan cara unik dan ajaib dalam menyelesaikan soal itu. Gauss mengelompokkan bilangan 1 hingga 100 menjadi 1 dan 100, 2 dan 99, 3 dan 98, 4 dan 97, dan seterusnya hingga 50 dan 51. Setiap pasang bilangan berjumlah 101 dan ia mendapatkan 50 pasang bilangan sehingga jumlah totalnya 50×101=5050. Sungguh cara yang menakjubkan dan ajaib!

2. Kisah Ajaib – Paul Wolfskehl

Jika ada yang bertanya, apakah Paul seorang ahli matematika? Jawabannya, bukan. Paul bukanlah seorang ahli matematika. Ia adalah seorang yang bergerak dalam bidang industri dari Jerman. Lantas, apa hubungan Paul dengan ilmu angka ini? Ya. Hidup Paul pernah diselamatkan oleh matematika.

Paul sempat memutuskan untuk bunuh diri dengan sebuah pistol yang akan ditembakkan ke kepalanya. Bahkan, Paul telah merencanakan tanggal serta jam berapa ia akan bunuh diri. Entah apa yang melatarbelakangi Paul untuk mengakhiri hidupnya, mungkin karena ia mengidap penyakit tertentu atau karena masalah percintaan.

Seperti sebuah petunjuk keselamatan, Paul memutuskan untuk mengunjungi perpustakaan pribadinya beberapa jam sebelum waktu yang ditentukan untuk bunuh diri. Di perpustakaan, ia menemukan sebuah makalah mengenai teorema yang sanyat terkenal, yaitu Fermat’s Last Theorem.

Paul pun mulai menyelami setiap tulisan dalam makalah tersebut hingga kesibukannya menenggelamkan niat bunuh diri. Bahkan, Paul tidak lagi memikirkan niat awalnya untuk mengakhiri hidup. Ia hanya sibuk memikirkan cara untuk memecahkan masalah yang “dibawa” makalah tersebut.

Paul terus berusaha memecahkan soal dalam waktu yang cukup lama. Meskipun usaha memecahkan soal itu gagal, Paul tersadar bahwa waktu yang ia tetapkan untuk bunuh diri telah terlewat. Ketika menyadari hal itu, Paul sangat kagum akan hal ajaib yang ia alami saat berusaha memecahkan soal hingga mampu membatalkan niat bunuh dirinya.

Paul, bahkan, menyediakan hadiah sebagai “balas jasa” sebesar 100.000 Marks bagi yang mampu memecahkan masalah Fermat’s Last Theorem. Hadiah itu dikenal dengan nama Hadiah Wolfskehl.

3. Kisah Ajaib – George Dantzig

Kisah ajaib ini dipastikan mampu membuat Anda takjub. Saat menempuh studi doktoral, George Dantzig terlambat menghadiri sebuah mata kuliah. Ketika ia memasuki ruangan, telah tersedia dua buah soal di papan tulis. Ia pun menyalin soal tersebut dan berusaha mengerjakannya sebagai tugas kuliah.

Setelah mengerjakan beberapa saat, ia sadar bahwa tugas tersebut lebih sulit dari biasanya. Namun, ia tetap berusaha mengerjakan tugas itu hingga selesai. George akhirnya mengumpulkan soal itu seraya meminta maaf pada sang dosen karena mengerjakannya agak lama dengan alasan soal itu”sedikit lebih sulit dari biasanya”.

Enam minggu kemudian, sang dosen datang ke rumah George dengan tergopoh-gopoh. George kaget bukan main karena ia takut telah melakukan kesalahan. Akan tetapi, sang dosen menyampaikan kabar mengejutkan bahwa kedua soal yang dirampungkan George merupakan 2 soal statistika yang belum terpecahkan oleh siapa pun. Georgelah orang pertama yang mampu memecahkannya.

Hasil pekerjaan George dirangkum menjadi sebuah makalah yang dipublikasikan oleh sang dosen. Hal ajaib tidak berhenti di situ, kedua soal tersebut diterima sang dosen sebagai disertasi. Kisah tentang George pun digunakan sebagai topik khotbah mengenai kekuatan berpikir positif oleh seorang pendeta kala itu. Bahkan, sebuah film populer, Good Will Hunting, dibuat berdasarkan cerita ajaib Goerge Dantzig.

Permainan Matematika Ajaib

Matematika tidak selalu dipandang sebagai sesuatu yang menakutkan karena matematika ternyata sangat menyenangkan jika dibuat sebagai permainan, misalnya permainan matematika ajaib. Permainan yang dapat dikatakan ajaib ini selain menghibur, bermanfaat juga untuk mengetahui informasi penting, misalnya mengetahui hari kelahiran.

Berikut ini akan jelaskan beberapa permainan ajaib dengan menggunakan perhitungan matematika. Permainan matematika ajaib ini sangat baik untuk anak-anak agar mereka tidak takut mempelajari matematika. Sebaliknya, dengan permainan matematika ajaib ini, anak-anak akan semakin senang matematika dan angka-angka.

Permainan matematika ajaib ini dimulai dengan melakukan perhitungan di atas kertas atau bisa juga memakai kalkulator (agar lebih menarik, gunakanlah kalkulator dengan layar berdigit 12 atau lebih). Satu lagi, permainan matematika ajaib ini akan lebih menyenangkan jika para pesertanya semakin banyak.

Berikut jenis-jenis permainan matematika ajaib yang bisa Anda coba.

Permainan Matematika Ajaib – Mengetahui Tanggal, Bulan, dan Tahun Lahir

Berikut langkah-langkah permainan matematika ajaib untuk mengetahui tanggal lahir Anda.

    • Kalikanlah angka bulan kelahiran Anda dengan 4.
    • Kemudian, hasilnya tambahkan dengan 13.
    • Setelah itu, kalikan 25.
    • Selanjutnya, hasilnya dikurangi dengan 200.
    • Lalu, tambahkan hasilnya dengan angka tanggal lahir Anda.
    • Kalikan 2 dan hasilnya dikurangi 40.
    • Kemudian, kalikan 50.
    • Setelah itu, tambahkan hasilnya dengan dua digit terakhir dari angka tahun (1980 diambil 80).
  • Langkah terakhir dari pemainan matematika ajaib ini adalah kurangi dengan 10.500.
Permainan Matematika Ajaib – Mengetahui Tanggal Lahir dan Umur Anda Sekarang

Berikut langkah-langkah permainan matematika ajaib untuk mengetahui tanggal lahir dan umur Anda sekarang.

    • Langkah pertama permainan matematika ajaib ini adalah dengan memasukkan tanggal kelahiran Anda pada kalkulator. Masukkan bulan kelahiran terlebih dahulu, kemudian tanggal lahir (untuk angka bulan 1- 9, diketik menggunakan angka 0 di depannya, misalnya 01= Januari), dan dua digit terakhir dari angka tahun.
    • Kalikan 2 angka tersebut.
    • Kemudian, hasilnya jumlahkan dengan 5.
    • Setelah mengetahui hasilnya, kalikan dengan 50.
    • Lalu, tambahkan dengan 1758 jika belum berulang tahun atau 1759 jika hari ulang tahun Anda sudah lewat tahun ini.
  • Langkah terakhir dari permainan matematika ajaib ini adalah kurangi hasilnya dengan keempat digit angka tahun kelahiran.

Hasil akhirnya yaitu satu atau dua digit pertama merupakan bulan kelahiran, dua digit kedua merupakan tanggal lahir, dua digit ketiga merupakan tahun kelahiran, dan dua digit terakhir merupakan umur Anda saat ini.

Permainan Matematika Ajaib – Mengetahui Nomor Telepon Anda

Dengan permainan matematika ajaib ini, layar kalkulator akan memperlihatkan nomor telepon 7 digit Anda. Berikut langkah-langkah permainan matematika ajaib untuk mengetahui nomor telepon 7 digit Anda.

    • Langkah pertama permainan matematika ajaib ini yaitu dengan memasukkan tiga digit pertama dari nomor telepon Anda di kalkulator (tidak termasuk 0 di depannya).
    • Kemudian, hasilnya dikalikan dengan 80.
    • Tambahkan hasil perkalian tersebut dengan 1.
    • Lalu, kalikan dengan 250.
    • Setelah itu, hasilnya tambah dengan empat digit terakhir nomor telepon tadi.
    • Tambahkanlah sekali lagi dengan empat digit terakhir itu.
    • Langkah selanjutynya adalah hasilnya kurangi dengan 250.
  • Langkah terakhir adalah bagi hasilnya dengan 2.

Itulah beberapa kisah ajaib seputar matematika dan permainan matematika ajaib. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Source : http://www.anneahira.com/ajaib.htm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s