Tips Mengerjakan Thesis (Skripsi Bahasa Inggris)

Posted: March 11, 2013 in College
quinn23

quinn23

Skripsi bahasa Inggris merupakan sesuatu yang lumrah terdapat di jurusan Sastra Inggris. Beberapa jurusan selain Sastra Inggris juga menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa skripsi, seperti program kelas internasional di beberapa Universitas. Dengan demikian, saat ini semakin banyak mahasiswa yang dituntut untuk dapat membuat skripsi bahasa Inggris.

Mengerjakan skripsi bahasa Inggris memang susah-susah gampang. Mungkin Anda yang kuliah di jurusan Sastra Inggris atau jurusan lain yang menggunakan bahasa Inggris dalam penulisan skripsi, bingung membayangkan bagaimana menulis srikpsi bahasa Inggris nanti.

Namun, jangan khawatir karena dengan kesungguhan dan ketekunan, serta cara-cara yang baik Anda bisa menghasilkan skripsi bahasa Inggris yang bagus. Berikut ini adalah tips-tips yang bisa Anda pergunakan dalam penulisan skripsi bahasa Inggris.

Persiapan Sebelum Menulis Skripsi Bahasa Inggris

1. Lengkapi buku sumber

Buku sumber berbahasa Inggris merupakan tulang punggung bagi penulisan skripsi Anda. Buku sumber akan menjadi bahan untuk mendapatkan ide-ide utama yang sangat penting bagi skripsi Anda.

Anda beruntung bila mendapati perpustakaan kampus Anda cukup lengkap memiliki buku-buku sumber berbahasa Inggris. Jika tidak, Anda bisa datang ke perpustakaan beberapa Universitas lainnya.

Anda juga perlu selektif dalam memilih buku sumber karena tidak semua buku berhubungan dengan skripsi Anda.

Untuk itu, sebelum mencari buku sumber, ada baiknya Anda mengetahui secara garis besar ke mana arah skripsi Anda. Hal ini sangat penting untuk memastikan Anda tak salah memilih buku sumber, juga akan memudahkan Anda dalam menentukan ide-ide utama skripsi Anda.

 

 2. Kamus

Unsur penting yang lain dalam pengerjaan skripsi bahasa Inggris adalah kamus.

Anda membutuhkan kamus lengkap setingkat Oxford Advanced untuk penulisan skripsi berbahasa Inggris. Anda juga bisa menggunakan kamus Cambridge atau Longman dan tidak disarankan menggunakan kamus saku.

Kamus saku, seperti Oxford Pocket, hanya digunakan sebagai tambahan kamus-kamus utama dan untuk membantu Anda mengerjakan skripsi di perjalanan, misalnya (karena kamus saku ringan dan mudah dibawa-bawa).

Kamus sangat penting mengingat buku sumber yang akan digunakan adalah buku-buku teks berbahasa Inggris. Sebagus apapun bahasa Inggris Anda, Anda akan tetap memerlukan kamus sebagai alat bantu karena akan ada kata-kata dari buku yang belum Anda ketahui artinya atau memiliki struktur kalimat yang terlalu kompleks.

 

3. Catat poin-poin penting

Setelah memiliki cukup buku sumber dan kamus, langkah selanjutnya adalah memahami buku sumber dan mencatat poin-poin penting dari buku-buku sumber tersebut yang sesuai dengan arah skripsi bahasa Inggris Anda.

Di sini dibutuhkan kejelian di dalam menentukan pokok-pokok pikiran, mana dari buku sumber yang bisa atau tidak bisa diambil. Untuk memastikan agar Anda mengambil ide-ide yang benar, pastikan bahwa Anda telah memahami alur pikiran dalam buku itu terlebih dahulu. Dalam hal ini teknik Scanning (membaca cepat) bisa sangat membantu.

Penulisan Skripsi Bahasa Inggris

– Mulailah dengan ide-ide utama

Setelah Anda menentukan arah skripsi berbahasa Inggris Anda dan memahami buku-buku sumber, maka bagian penting selanjutnya adalah menyusun ide-ide utama skripsi Anda. Anda bisa memulai dengan menentukan judul dan pertanyaan penelitian (research question).

Tentu saja nanti judul dan pertanyaan penelitian ini harus Anda konsultasikan pada pembimbing skripsi Anda. Akan lebih baik, jika Anda mulai memasukkan juga poin-poin utama yang akan Anda tulis pada tiap bab. Tak perlu detail, cukup pikiran-pikiran penting saja yang mewakili skripsi Anda.

– Hati-hati dengan plagiarisme

Ini merupakan “dosa besar” dalam penulisan skripsi. Plagiarisme atau penjiplakan merupakan hal berbahaya.

Pelakunya terancam sanksi akademik yang berat bahkan bisa juga sampai berurusan dengan hukum. Jadi, kerjakanlah skripsi dengan jujur, tidak menjiplak apalagi memakai skripsi orang lain.

Selain itu, hati-hati dalam pengutipan karena salah mengutip akan membuat kita menyerempet plagiarisme juga. Pastikan bahwa Anda telah mengikuti panduan mengutip dengan benar dan menyebutkan sumber kutipan dengan lengkap.

– Edit

Setelah selesai beberapa halaman, sebelum diserahkan pada pembimbing, tentu Anda harus mengedit skripsi Anda terlebih dahulu.

Mulailah dengan mengedit konten baru kemudian tatabahasa (grammar). Untuk konten, perhatikan alur penulisan skripsi bahasa Inggris Anda. Apakah sudah sistematis.

Setelah itu, bisa diperhatikan juga logika berpikir, ketajaman, dan kesesuaian analisis, serta kesesuaian pengutipan dengan penjelasan yang coba Anda sampaikan.

Setelah itu, barulah tiba saatnya untuk mengedit tata bahasa (grammar). Tentu saja untuk mengedit tatabahasa ini Anda mesti memiliki penguasaan dasar-dasar bahasa Inggris yang cukup. Untuk membantu proses ini, buku-buku grammar dan kamus juga akan sangat membantu. Anda bisa mendapatkan buku-buku grammar yang bagus di perpustakaan kampus.

Saat Sidang

Setelah melewati proses panjang selama beberapa bulan, tibalah saatnya untuk mempresentasikan skripsi Anda di depan penguji.

Proses sidang skripsi ini merupakan tahap yang sangat penting karena merupakan bagian akhir dari penulisan skripsi Anda, sekaligus juga merupakan tahap akhir dari perkuliahan Anda. Ada beberapa hal agar sidang anda bisa berjalan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan.

– Baca ulang skripsi Bahasa Inggris Anda

“Anda tak perlu membaca ulang seluruh skripsi Anda halaman per halaman.
Akan tetapi, Anda bisa fokus kepada bagian-bagian penting dari skripsi Anda.
Labih baik lagi jika Anda membuat catatan-catatan kecil yang bisa merangkum keseluruhan skripsi Anda.”

Ini akan sangat memudahkan karena Anda akan bisa belajar di banyak tempat dengan hanya membawa catatan kecil itu saja.

Pemahaman akan skripsi yang Anda tulis merupakan kunci utama dalam kesuksesan sidang.

Walaupun skripsi bahasa Inggris Anda bagus, tapi jika Anda tak memahaminya dengan baik, kemungkinan Anda akan mengalami kesulitan saat mempresentasikannya nanti.

Lebih parah lagi, penguji sidang bisa curiga bahwa skripsi yang Anda presentasikan mengandung unsur plagiarsime. Oleh karena itu, mutlak diperlukan pemahaman yang baik akan skripsi Anda.

Persiapkan Non-Teknis

Setelah semua persiapan selesai, jangan lupakan juga faktor-faktor non-teknis yang akan membantu jalannya sidang Anda. Persiapkan pakaian sidang jauh hari sebelumnya dan jangan lupa makan sebelum berangkat sidang.

Hal-hal tersebut mungkin seperle, tapi cukup penting dalam kelancaran sidang Anda. Tentu saja yang paling penting jangan lupa berdoa kepada-Nya agar semua proses sidang skripsi bahasa Inggris Anda dilancarkan.

Demikianlah tips-tips yang bisa Anda terapkan, ketika Anda menulis skripsi bahasa Inggris. Mudah-mudahan bermanfaat dan Anda bisa menulisskripsi bahasa Inggris terbaik yang mengantarkan Anda ke gerbang sarjana. Selamat menulis.

 

Source : http://www.anneahira.com/skripsi-bahasa-inggris.htm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s